Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang, merupakan taman wisata yang dibangun di kawasan danau Situ Umar, letaknya tepat di belakang Grand Hotel Lembang, karena jalannya searah kita harus memutar melewati pasar Lembang dan kembali ke arah Bandung melalui jalan searah Jl. Grand Hotel. Jarak dari pasar Lembang tidak sampai 500 meter, dan sebenarnya sejak kita masuk ke area Lembang sudah banyak rambu-rambu yang menunjukan arah ke Floating Market Lembang. Sedikit kemacetan akan terasa ketika masuk ke area pasar Lembang. Waktu Akang kesana cuacanya agak mendung.

Gerbang masuk dan keluar dari Floating Market terpisah, hal ini cukup baik sehingga aliran kendaran masuk dan keluar tidak terganggu. Gerbang masuk terletak di kiri jalan dan terlihat sejak anda belok dari pasar Lembang.

Setelah masuk gerbang anda akan melihat pos pertama yaitu pos keamanan, baru setelah itu pos kedua bagian pembayaran tiket, anda akan dikenakan biaya masuk (voucher minum wajib) Rp.10.000 per orang dan tambah Rp.5.000,-untuk parkir mobil.Area parkirnya sangat luas, Akang memperkirakan kapasitasnya muat untuk lebih dari 500 mobil dan terdapat area parkir khusus untuk bis dan motor. (Butuh waktu berapa jam ya untuk mengosongkan area parkir jika semuanya bersamaan ingin keluar).

Berangkat dari area parkir ada tiga pilihan pintu masuk ke area Floating Market, lewat pendopo depan, ke belakang masuk lewat area restoran dan terakhir langsung masuk ke area pasar terapungnya, cari yang paling deket jadi masuk dari pendopo depan.

 

Di dalam kita bisa menukarkan satu tiket masuk dengan satu minuman panas, cocok buat menghangatkan badan di daerah Lembang yang terkenal dingin. Pilihan minuman hangatnya ada Milo, Lemon Tea, Coffe latte, dan Choco Latte. Stand penukaran tiket dengan minuman hangat tidak hanya ada disini, anda akan menemukan beberapa stand untuk menukarkan minuman hangat, jadi jika memang belum haus tidak perlu memaksakan tukar saat itu juga.

Masih didalam pendopo terdapat tempat penukaran koin dan reservasi, di Floating Market anda harus bertransaksi menggunakan koin ini, baik untuk masuk ke satu wahana, atau menikmati jajanan di area pasar terapungnya.

Koinnya ada 4 tipe Rp.5.000,-Rp.10.000,-Rp.50.000,-dan Rp.100.000,-. Tukarkan uang tunai anda dengan koin tersebut, Tips! tukarkan dalam jumlah kecil terlebih dahulu, misalnya uang tunai anda Rp.100.000,- tukarkan dengan 7 jenis koin Rp.10.000 dan sisanya Rp.5.000. Baru jika sudah habis anda tukarkan lagi. Ingat koin yang sudah anda beli tidak dapat di-uang-kan kembali, dan koin-koin tersebut tidak akan kadaluarsa, artinya anda dapat membawa pulang koin yang sudah anda beli saat ini dan minggu depan koin tersebut masih bisa anda gunakan ketika kembali ke Floating Market.

Beres tukar-menukar kita keluar dari pendopo, langsung disuguhi pemandangan danau dengan area pejalan kaki yang bersih, dan hijau karena banyak pepohonan. Selain tumbuhan aslinya beberapa tumbuhan memang sengaja ditanam untuk menambah keindahan dan kerimbunan area Floating Market.

 

Banyak petugas kebersihan yang sigap mengumpulkan gelas bekas minum dan sampah yang ditinggalkan pengunjung, tempat sampah juga tersebar diseluruh wilayah Floating Market, jadi tong ngaruntah nya guys! (jangan buang sampah sembarangan) jagalah kebersihan.

Buat anda yang tidak sabaran ingin menyeberang danau menuju area pasar terapung, silahkan gunakan jasa perahu penyebeberangan dengan tiket Rp.1.000 per orang, yang ini sepertinya tidak usah pakai koin, tunai saja. Untuk menuju area pasar terapung tidak harus menggunakan perahu, jalan kaki juga bisa karena memang ada jalan menuju kesana.

 

Ada beberapa rambu-rambu untuk pengunjung supaya pengelolaan Floating Market Lembang tetap asri, berkelanjutan, dan aman bagi pengunjung. Jangan buang sampah sembarangan, dasar kolam berlumpur-dilarang berenang, dilarang menginjak rumput dan memetik tanaman, dilarang membawa makanan dari luar, dilarang membawa binatang peliharaan ke area FML.

 

Wahana

 

Yang dibahas beberapa wahana saja ya, terdapat beberapa pilihan wahana unik yang cocok untuk semua umur, yang pertama keliatan adalah memberi makan angsa dan ikan, untuk pakan (makanan) angsa atau ikan setara dengan koin Rp.5.000 per bungkus. Memberi makan angsa bagi anak-anak yang tinggal di kota merupakan pengalaman baru, dan mereka terlihat gembira dalam melakukannya. Dekat kolam angsa ada juga kandang burung besar sepertinya jenis burung parkit yang ada didalamnya dan dalam jumlah cukup banyak dengan warna yang bervariasi.

Bagi yang sedikit ingin tantangan bisa mencoba lintasan ATV (AllTerrain Vehicle) dengan biaya koin Rp.50.000,-per 3 putaran atau maks. 15 menit, untuk maksimum 2 penumpang. Ada juga pilihan unit ATV dengan ukuran mini untuk anak-anak yang memang pemberani, namun ingat jangan lepaskan pengawasan anda, seberani apapun anak anda!

Buat anak-anak yang senang menangkap ikan atau memancing ikan, ada wahana yang cocok untuk jenis hobi yang satu ini, biayanya koin Rp.25.000,-per 30 menit per alat pancing. Di sebelahya ada Taman Kelinci dengan  kelinci yang banyak dan menggemaskan, biayanya koin Rp.15.000,-.

Lalu ada wahana panen sayuran organik, semacam sawah dan kebun mini lengkap dengan tumbuhan yang biasa di sayur, kalau yang ini  ga keliatan plang informasi biaya tiket dan memang tidak ada yang menjaganya, hanya ada saung-saung kosong. Dan ada seseorang yang nerima telepon.

Tidak jauh dari miniatur sawah dan ladang, anda akan menemukan wahana yang cukup populer di Lembang, Petik Strawberry. Akang tidak sempat melihat tiket koin yang dibebankan untuk memetik strawberry, tapi sepertinya tidak jauh-jauh dari wahana yang lain, berkisar Rp.15-25.000,-.

Dan untuk di area danaunya anda bisa menyewa sepeda air, kano atau perahu dayung, biaya sewa sudah termasuk pelampung. Tempat penyewaan transportasi air tersebut terhubung dengan pasar terapungnya, baik di darat atau di perairan, jadi anda bisa berbelanja sambil jalan kaki atau mengayuh dayung.

 

Floating Market – Pasar Terapung

 Area pasar terapung dibangun ditengah-tengah danau dengan daratan yang telah dibangun memanjang, sedangkan para penjual makanan berjualan diatas perahu di pinggir sepanjang jalan tersebut. Setidaknya ada 30an perahu yang berjualan disini, anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan hanya untuk sekedar memuaskan perut.Sebagian besar tenant menjual makanan dan minuman yang berbeda satu-sama lain,anda akan menemukan makanan yang cukup populer seperti baso tahu, siomay, batagor, lotek, karedok, otak-otak, ketan bakar, dan masih banyak lagi. Semua transaksi di area ini menggunakan koin, harga yang ditawarkan berkisar dari Rp.5.000,-untuk snack ringan hingga Rp.35.000,- untuk makanan yang agak berat.

  1. Saung

Untuk anda yang datang dengan rombongan kecil bisa menyewa saung-saung yang tersebar di seluruh area Floating Market. Dan untuk rombongan besar dengan agenda khusus dapat menyewa balairung dengan kapasitas yang jauh lebih besar dengan dukungan fasilitas lebih lengkap, cocok untuk acara seperti gathering atau arisan PKK.

 

  1. Restauran Area

Pada ujung danau yang berlawanan terdapat area restoran, bedanya mereka berjualan makanan dan minuman di atas bangunan permanen dengan variasi sesuai dengan tema restorannya.

 

Disini Akang tergoda untuk mencoba Parahyangan Koffie, karena waktu lewat di depannya aroma biji kopi memanggil-manggil dan cuaca saat itu memang agak dingin jadi rasa-rasanya cocok kalau nyeruput secangkir kopi panas. Dengan tagline “kopi terbaik tatar sunda” langsung deh lihat menunya, dan mencoba salah satu specialty dari warkop ini, chifon koffie dengan harga Rp.35.000 untuk dua cangkir. Dan sepiring banaan sarikaya seharga Rp.10.000 untuk teman minum kopi.Penyajian kopinya cukup unik, proses ini tidak hanya untuk atraksi namun memang ada fungsi yang bertujuan membuat cita rasa kopi tidak hilang. Chifon koffie ini aromanya kuat namun dengan rasa yang lebih ringan dan terasa manis di akhir, sangat cocok di sruput panas-panas apalagi tambah lengkap dengan banaan sarikaya, cemilan ringan kombinasi pisang dan sarikaya.

 

Wisata Ke Floating Market Bandung Tidak Menggunakan Uang

Disini tidak menggunakan uang real tetapi dengan cara menukarkan nya dengan Koin

Memang di Floating Market punya cara yg unik untuk berbelanja, kita harus menukarkan uang kita menjadi uang coin yg bisa digunakan untuk ber transaksi diwilayah Floating Market. Kita bisa beli apapun saja disini. Jadi mirip kita wisata keluar negeri kita harus tukar uang dulu baru bisa dibelanjakan.Ini gambar pertama adalah plang petunjuk tempat tukar coin.Jangan lupa berfoto di Taman Batu

 

 

 

 

Paket Makan Siang di Floating Market untuk rombongan

Paket makan siang khusus rombongan min 30 Pax untuk berbagai acara baik acara kantor, club, perkumpulan atau keluarga dengan nuansa berbeda yaitu pasar terapung. Bagi sebagian orang yang telah melanglang buana mungkin saja ini bukan hal yang luar biasa namun banyak sekali orang yang belum pernah merasakan sensasi kuliner dengan nuansa seperti ini. Tentunya akan menggugah rasa dan keinginan untuk mencobanya bukan, ya tentu saja hal ini akan membuat semua peserta akan mendapat kenangan tersendiri dan anda sebagai pembuat acara akan merasa bangga karena semua peserta tampak puas dengan acara yang belum pernah mereka rasakan.

Floating Market menawarkan paket makan siang untuk rombongan dengan minimal peserta 30 orang sbb:

 

Paket Silver @Rp. 98.500/Pax (Minimum 30 Pax)

NO MEDIA KETERANGAN
1 Tiket Masuk Welcome Drink
2 Paket Lunch Prasmanan
3 Coffee Break 1 minuman hangat dan 2 snack (choice)

 

 

Paket Gold @Rp. 127.500,– (Minimum 30 Pax)

NO MEDIA KETERANGAN
1 Tiket Masuk Welcome Drink
2 Paket Lunch Prasmanan
3 Coffee Break 1 minuman hangat dan 3 snack (choice)

 

Menu Timbel untuk Makan Siang

No Menu Paket Silver Menu Paket Gold
1 Nasi Timbel Nasi Timbel
2 Ayam Goreng/Bakar Ayam Goreng/Bakar
3 Sayur Asam Pepes Ikan Mas/Pepes Ayam/Gepuk
4 Tahu Goreng Sayur Asam
5 Tempe Goreng Tahu Goreng
6 Ulukuteuk Leunca Tempe Goreng
7 Ikan Asin Ulukuteuk Leunca
8 Lalap Ikan Asin
9 Kerupuk Lalap
10 Sambal Kerupuk
11 Air Mineral Water 600 ml Sambal
12 Air Mineral Water 600 ml

 

Minuman & snack

 

No Minuman Snack Manis Snack Asin
1 Teh Kue lumpur Pastel
2 Kopi Bika Ambon Risoles
3 Bandrek Pukis Gehu
4 Bajigur Carabikan Lemper
5 Es Buah Pisang Goreng Tahu Goreng
6 Kacang Rebus Kroket
7 Nagasari Urab Singkong
8 Cente Jagung Ubi Rebus
9 Cente Manis Singkong Goreng
10 Tempe Mendoan
11 Tahu Pedas

 

Taman Batu di Pasar Terapung Lembang Bandung

Pasar Terapung Lembang telah menunjukan pada kita semua betapa kaya tanah pasundan akan kekayaan alam yang begitu indah. Sebuah lokasi yang dahulu hanya danau kecil biasa kini telah disulap menjadi sebuah sarana rekreasi dengan konsep lain dari yang lain.
Pengelola dengan jeli memilih tema pasar terapung yang memang belum ada di Bandung dan sekitarnya. Diisi dengan berbagai daya tarik yang layak untuk anda kunjungi apalagi saat ini telah slesai di bangunTaman Batu.
Taman yang berisi beberapa jenis batu yang memang sangat unik dan pastinya tidak mudah anda temukan disekitar anda. Saat pandangan pertama anda tentu akan terbawa pada nuansa taman di Jepang yang memang banyak mengandung unsur batu, tanaman dan air.
Batu marmer berdiri kokoh dengan warna khas yang anggun dipadu dengan latar belakang tanaman bunga dengan penataan yang telah dirancang tinggi rendahnya agar sedap dipandang mata membuat semua pengunjung tempat wisata ini semakin betah berlama lama disini.
Terdapat pula sebuah batu yang dari bagian atas batu mengeluarkan air hingga jatuh bagaikan air terjun mini dengan gemercik airnya jatuh pada kolam kecil yang melingkupi semua bebatuan di Taman Batu Floating Market ini.
Anda tentunya bisa berfoto disini sebagai kenangan dari Taman Batu Pasar Terapung Lembang. Pastinya semua orang yang melihat koleksi foto anda akan penasaran dan ingin juga datang ke taman batu ini.
Selain taman batu kita masih memiliki lokasi lain yang menarik untuk dijelajahi di Pasar Terapung misalnyaTaman Kelinci. Silahkan datang dan ciptakan kenangan anda disini

Joglo dan Gazebo di Floating Market Lembang

Joglo dan Gazebo di Floating Market Lembang

Keunikan Pasar Terapung ala Bandung ini semakin bertambah saja bila kita meilhat Joglo dan Gazebo yang sengaja di tempatkan disekeliling danau.
Kita akan dibuat nyaman dan serasa tak mau beranjak meninggalkan tempat wisata baru ini yg semakin diminati wisatawan dari seluruh negeri dan juga manca negara.
Sambil menikmati pemandangan nan asri kita bersantai di Joglo dan Gazebo yg dirancang dengan apik sehingga membuat kita sangat terkesan.
Bawalah pasangan anda bila berkunjung ke FLoating Market karena ini akan membuat kenangan yg tiada duanya. Ssalah satu yg menarik Taman Batu

Ambilah salah satu Joglo untuk beristirahat dan biarkan putra putri anda bermain di wahana yg ada disana. Putra putri anda bisa menikmati paket bercocok tanam yg akan mengajarkan betapa kita harus menghargai setiap butir padi yg kita makan setiap hari, yang mana anak anak terutama dari kota besar semakin tidak mengenal bagaimana bercocok tanam menanam padi dari awal hingga panen.
Disalah satu sudut Floating market terdapat taman angsa dan taman kelinci yang juga sangat cocok untuk putra putri anda agar tumbuh rasa mencintai lingkungan serta faunanya

 

 

 

 

 

JAM OPERASIONAL

Floating Market Lembang

Jl. Grand Hotel No. 33E

Lembang, Jawa barat

+62708 888 81

Kodepos 40391
Jam Buka: 8.00 – 18.00 WIB

Tambahan Tips! buat yang mau ke Floating Market Lembang, berangkatnya pagi-pagi kalau bisa sampai sana jam 8.00 waktu buka, soalnya tambah siang tambah rame dan padet apalagi weekend.

lihat paket nya di http://www.paketbandung.com

About Admin

Nama : F-Trans Tourism Transport Alamat : Jl.Sarimanah No.67 Sarijadi Bandung Office : F-Trans Tourism Transport ( Jl.Sarimanah No.67 Sarijadi Bandung ) FB : Ftrans.Bandung Tweet : @pajajarantravel YM : Pajajarantravel Pin : 2AD3060E No. Tlp : 081281889889 website: http://www.pajajarantravel.com http://www.elfbandung.com http://www.paketbandung.com
This entry was posted in Wisata Alam. Bookmark the permalink.

Comments are closed.